KOMUNIKASI VISUAL DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK JANJI JIWA DI KABUPATEN SORONG

Authors

  • Fauzia Fauzia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Henraman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Canggi Araliya A. Ode Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi visual yang diterapkan oleh merek Janji Jiwa dalam membentuk dan meningkatkan citra merek di Kabupaten Sorong. Di tengah persaingan industri kedai kopi, elemen visual seperti logo, warna, desain interior, hingga media sosial berperan penting dalam menciptakan identitas merek yang kuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari manajer outlet, staf promosi, dan staf operasional Kopi Janji Jiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual yang konsisten seperti warna hitam, elemen kayu, pencahayaan hangat, dan desain minimalis, mampu menciptakan kesan modern dan elegan. Pelayanan staf yang ramah turut memperkuat persepsi positif konsumen. Konsistensi visual di media sosial dan outlet menunjukkan komunikasi visual memainkan peran penting dalam membangun citra dan loyalitas merek.

Kata Kunci: Komunikasi visual, citra merek, Janji Jiwa, Kabupaten Sorong.

References

Books:

Milyane, T. M., Darmaningrum, K., Natasari, N., Setiawan, G. A., Sembiring, D., Fitriyah, N., ... & Putri, M. S. (2023). Literasi Media Digital. Penerbit Widina.

Landa, R. (2006). Merancang pengalaman merek . Clifton Park, NY: Thomson Delmar Learning.

Wheeler, A. (2017). Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team. John Wiley & Sons.

Suryanto, Sos., M.Si. ,dkk (2015) : Pengantar Ilmu Komunikasi. Prof. Dr. H. Asep Saeful Muhtadi, M.A., 529-530.

Millman, D. (2011). Pemikiran merek dan tujuan mulia lainnya . Skyhorse Publishing Inc.

Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing. Pearson Higher Education AU.

Journals:

Aaker, J. L. (1997). Dimensions of brand personality. Journal of marketing research, 34(3), 347-356.

Alim, B., & Chandra, E. (2023). Rebranding UMKM Mentai Melalui Perancangan Identitas Visual. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 12(1), 174-181.

Dieva, DP, & Dermawan, R. (2023). Pengembangan Umkm Melalui Optimalisasi Branding Pada “Bila Catering” Desa Tegalrejo, Probolinggo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya , 2 (03), 120-129.

Dewi, P. K. (2011). Desain Komunikasi Visual Sebagai Strategi Perancangan Promosi Kedai Kopi Espresso Bar Di Surakarta.

Foster, B. (2016). Impact of brand image on purchasing decision on mineral water product “Amidis”(Case study on bintang trading company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 1-11.

Kurniawan, M. A., & Anggapuspa, M. L. (2023). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MUSEUM R HAMONG WARDHOYO. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 5(2), 260-274.

Krisno, K., Gustiawati, R., & Iqbal, R. (2020). Tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran penjas di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2).

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.

Lupton, E. (2015). The New Basics: Second Edition, Revised and Expanded. New York: Princeton Architectural Press, 83.

Lawther, S., Hastings, GB, & Lowry, R. (1997). De-marketing: menerapkan ide-ide Kotler dan Levy dalam praktik. Jurnal Manajemen Pemasaran , 13 (4), 315-325.

Nisa, F. K., Monalisa, M., & Manyamsari, I. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Usaha Kedai Kopi Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 8(3), 55-68.

Nadya, NA (2020). Pengaruh pemasaran eksperiensial terhadap loyalitas pelanggan: Peran kepuasan pelanggan sebagai mediator. Jurnal Studi Bisnis dan Tinjauan Manajemen , 4 (1), 27-33.

Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 44-57.

Rahardjo, B., Ediyono, S., & Putri, D. K. (2020). Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Family Development Session (FDS) pada Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala (JIKeMB), 2(2), 72-77.

Rivers, WL, Slater, WT, McHale, J., Dondis, DA, Sampson, A., Zeman, ZAB, ... & Clark, E. (1973). Media Umum.

Saraswati, D., Damayanti, N. Y., & Djatiprambudi, D. (2022). Transformasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Studio Desain Komunikasi Visual Sebagai Refleksi Pasca Pandemi. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1), 56-66.

Smith, KL, Moriarty, S., Kenney, K., & Barbatsis, G. (Eds.). (2004). Buku pegangan komunikasi visual: Teori, metode, dan media . Routledge.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora , 16 (2).

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Sukirno, Z. L. (2020). Etika komunikasi visual influencer pariwisata. Journal of Tourism and Creativity, 4(2), 127-138.

Suwardi, M., & Prasetyo, PE (2018). Efisiensi Teknis Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bidang Jasa Produksi Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan , 19 (1), 11-20.

Sabarudin, A. P., Saputra, E. A., Egi, A. R., Arsyah, M., Adhetia, P. A., Ramli, F. A., ... & Kautsara, N. R. (2025). Pengaruh Desain Komunikasi Visual Dalam Meningkatkan Keberhasilan Pemasaran Produk di Era Digital. HUMANUS: Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 2(2), 197-209.

Tinarbuko, S. (2008). Semiotika komunikasi visual. metode analisis tanda dan makna pada karya desain komunikasi visual. Jalasutra., 5.

Vindashafiya, A. R., Nugrahani, R. U., & Arifputri, A. N. (2024). Pengaruh Iklan Instagram@ calvinklein dan Brand Ambassador Jung Kook BTS Terhadap Brand Image Calvin Klein. eProceedings of Management, 11(6).

Wijaya, L., & Rizka, L. A. (2021). Studi brand positioning toko kopi kekinian di Indonesia. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 78-85.

Website:

Google Maps. (n.d.). Penelusuran Google. Retrieved February 25, 2025, from https://www.google.com/search?q=https%3A%2F%2Fwww.google.com.

2Fmaps%2Fplace%2FKopi%2BJanji%2BJiwa%2B%2BAimas%2F+&sca

(N.d.). Penelusuran Google. Retrieved February 25, 2025, from https://www.google.com/search?q=https%3A%2F%2Fid.wikipedia. org%2Fwiki%2FKopi_Janji_Jiwa++&sca.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Fauzia, F., Henraman, & Canggi Araliya A. Ode. (2025). KOMUNIKASI VISUAL DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK JANJI JIWA DI KABUPATEN SORONG. JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK, 5(2), 354–359. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/JPPADAP/article/view/3612

Most read articles by the same author(s)