ANALISIS KESULITAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II DI SD INPRES 18 KABUPATEN SORONG
Keywords:
Kesulitan membaca, Siswa, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin
mendeskripsikan suatu fenomena sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di alami subjek penelitian.
Dalam penelitian ini, menganalisis tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca peserta didik kelas II SD dan bagaimana Upaya guru dalam mengatasikesulitan membaca peserta didik kelas II SD. Waktu penelitian yang akan dilaksankan pada 14-28 November 2023. Adapun Tempat penelitian di laksanakan di kelas II B Sekolah Dasar Inpres 18 Jalan tuturuga, kelurahanKlamalu, kecamatan Mariat, kabupaten sorong provinsi papua barat daya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dan wawancara peneliti dengan peserta didik kelas II dan Guru kelas II B ibu YK yang peneliti lakukan selamadi lapangan dan maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat 10 peserta didik yang belum dapat membaca dengan lancar, dan faktor-faktor penyebab peserta didik tersebut mengalami kesulitan dalam membaca bisa dilihat dari dua faktor yaitu, pertama faktor internal yaitu faktor dari dalam diri peserta didik itu sendiri yaitu faktor fisikologis, faktor intelegensi, dan faktor minat. Yang kedua faktor eksternal yaitu, faktor dari luar meliputi, faktor Keluarga, faktor pengelolan kelas yang kurang efektif dan faktor Lingkungan masyarakat.Adapun upaya guru untuk mengatasi kesulitan membaca peserta didik yaitu: a) Menggunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif. b) Memberikan jam tambahan, c) Membuat tamanbacaan mini di ruang kelas dan d) Meningkatkan kerja sama dengan orang tua.