Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa di Kelas IV SD YPK Inamo Kabupaten Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa kelas IV SD Ypk Inamo Kabupaten Sorong. Penelitian kuantitatif yang dilakukan di SD Ypk Inamo Kabupaten Sorong yang berjumlah 15 siswa, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survey, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah penyebaran dan penarikan instrumen angket berdasarkan hasil penelitian ada pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya sekolah terhadap karakter siswa kelas IV SD Ypk Inamo Kabupaten Sorong, dengan di peroleh nilai thitung=4,820 dengan nilai dengan nilai p= 0,000, ttabel= 0,641 dimana thitung > ttabeldan p<0,05. Sumbangan efektif budaya sekolah mempunyai pengaruh terhadap karakter siswa sebesar 64,0% sedangkan sisanya 36% berasal dari faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


