Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Membeli Produk Shunda Palfon Di Kota Sorong

Authors

  • Meysel Sumailili Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bukit Zaitun Sorong
  • James Kastanya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bukit Zaitun Sorong
  • Nurlela Nurlela Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bukit Zaitun Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36232/remb.v2i2.1680

Keywords:

Keputusan Pembelian, Media Sosial, Promosi, Word Of Mouth

Abstract

Keputusan pembelian merupakan tahap dari proses keputusan konsumen yang melakukan tindakan membeli produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan pemasaran. Selain promosi melalui media sosial, Word of Mouth (WOM) juga merupakan salah satu strategi promosi dalam kegiatan pemasaran, yaitu menggunakan media “orang ke orang” yang memiliki rasa puas untuk meningkatkan kesadaran tentang produk dan menghasilkan tingkat penjualan tertentu. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis menetapkan perumusan masalah pada penelitian pengaruh promosi media sosial dan word of mouth  terhadap keputusan membeli produk Shunda Plafon di kota Sorong. populasi dalam penelitian ini adalah,seluruh konsumen yang melakukan transaksi pembelian di toko Shunda Plafon, jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 33 Orang. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Pengaruh promosi media social dengan keputusan membeli  penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial untuk tujuan promosi mempunyai dampak penting dan bermanfaat terhadap keputusan membeli. Keberhasilan suatu pemasaran bergantung pada berbagai faktor, dan promosi menjadi salah satu faktor penentunya, menyadari akan efektivitas dan efisiensi media sosial sebagai media promosi, terutama mengingat jumlah pengguna media sosial yang terus meningkat setiap tahunnya. Promosi media social  (X1). Hasil perhitungan uji regresi untuk variabel promosi media social diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,009. Karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka hipotesis pertama (H1) yang menyatakan “terdapat pengaruh promosi media social terhadap keputusan membeli di diterima.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Sumailili, M., Kastanya, J., & Nurlela, N. (2024). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Membeli Produk Shunda Palfon Di Kota Sorong. REMB : Research Economics Management and Business, 2(2), 85–89. https://doi.org/10.36232/remb.v2i2.1680