Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Dwimas ilham syah institut agama islam nusantara batanghari
  • Ayu Gita Lestari Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
  • Agnes Yanila Grasella Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
  • Fitriatul Asfiyah Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
  • Raudatul Munawaroh Institut Agama Islam Nusantara Batanghari

Keywords:

model, manajemen, pembelajaran berbasis TIK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen pembelajaran berbasis TIK.  Dengan alat dan model ini, sekolah dapat dengan mudah memantau dan mengevaluasi proses pendidikan.  Penelitian ini dilakukan dengan Research and Development (R&D).  Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Kota Jambi, dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik triangulasi untuk menguji validasi data.  Hasil penelitian adalah: Tahap pertama adalah Pengambilan Keputusan Pembelajaran Berbasis TIK, Tahap Kedua Perencanaan Pembelajaran Berbasis ICT, Tahap Ketiga Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT, Tahap Keempat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT  Belajar.  Faktor kunci keberhasilan model ini ada pada langkah kedua yaitu bagaimana guru membuat RPP dan bekerjasama dengan semua pihak yang terkait dengan pengelolaan pembelajaran berbasis TIK.

Downloads

Published

2021-07-06

How to Cite

syah, D. ilham, Lestari, A. G., Grasella, A. Y., Asfiyah, F., & Munawaroh, R. (2021). Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Menengah Pertama. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(2), 8–14. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpetisi/article/view/805

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.