Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Roudlotul Khuffadz
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i2.360Keywords:
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video, Animasi, Powtoon, Matematika, Keefektifan Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji media pembelajaran berbasis video animasi dengan Powtoon pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Roudlotul Khuffadz. Media ini dirancang untuk membantu siswa memahami operasi bilangan bulat, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Data diperoleh melalui tes sebelum dan sesudah penggunaan media (pretest dan posttest), observasi, serta validasi dari ahli materi dan media. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media ini meningkatkan nilai rata-rata siswa sebesar 23-26 poin. Siswa juga lebih aktif dalam pembelajaran, dengan 90% terlibat secara aktif tanpa mengalami kendala teknis. Ahli materi dan media menilai bahwa media ini kreatif, interaktif, sesuai kurikulum, dan mampu meningkatkan minat serta pemahaman siswa dalam belajar matematika. Media video animasi berbasis Powtoon terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas V Sebanyak 85% siswa menunjukkan peningkatan dalam pemahaman materi. Sebanyak 90% siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran dan berpartisipasi dalam kegiatan diskusi serta penyelesaian tugas kemudian seluruh siswa (100%) tidak mengalami kendala dalam menggunakan media dan mengikuti pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aprilia Irianti, Sahiruddin Sahiruddin, Matahari Matahari, Dian Nitari Ribanor Sabarudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.