Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di SMP Negeri 34 Selayar

Authors

  • Risal Mantofani Arpin Universitas Nusa Cendana
  • Febrika Ariyanto Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
  • Fitriani Fitriani Politeknik Dewantara
  • Risda Mustakim Politeknik Dewantara
  • ST Khaeratul Mukarramah Politeknik Dewantara
  • Rahmad Hidayat Dongka Program Studi Teknik Elektro FT Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i2.1644

Keywords:

Media pembelajaran, Augmented Reality, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Media pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di SMPN 34 Selayar. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberikan penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX di SMPN 34 Selayar. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar matematika (Pretest dan Posttest). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality memperoleh rata-rata skor sebesar 76,32 dengan ketuntasan siswa mencapai 78,95%, (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran memperoleh rata-rata skor 65,33 dengan ketuntasan siswa 54,33%, (3) Peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis Augmented Reality lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran, (4) Peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis Augmented Reality memperoleh skor rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,51 sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran memperoleh skor rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,30. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMPN 34 Selayar.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Augmented Reality, Hasil Belajar

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Arpin, R. M., Ariyanto, F., Fitriani, F., Mustakim, R., Mukarramah, S. K., & Dongka, R. H. (2025). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di SMP Negeri 34 Selayar. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 6(2), 96–104. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i2.1644

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.