Pengembangan Konsep Pembelajaran Holistik Berbasis Psikologi Humanistik Abraham Harold Maslow Terhadap Guru Kelas di Sekolah Dasar Kabupaten Sorong

Authors

  • Eva Monalisa Vebry Kusuma Unimversitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Susanto Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Fitri Arniati Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.3815

Keywords:

Pembelajaran Holistik, Psikologi Humanistik, Abraham Harold Maslow, Guru Kelas, Sekolah Dasar, Pengembangan Konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan konsep pembelajaran holistik yang berlandaskan psikologi humanistik Abraham Harold Maslow untuk meningkatkan kompetensi guru kelas di Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi konsep pembelajaran. Sampel penelitian terdiri atas 30 guru yang berasal dari empat sekolah, yaitu SD Muhammadiyah Aimas (26,7%), SD Muhammadiyah Malawili (23,3%), MI Muhammadiyah (26,7%), dan SD Lab School UNIMUDA Sorong (23,3%). Data tingkat pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran holistik dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki tingkat pemahaman yang baik, dengan 33,3% guru menganggap pemahamannya sangat baik, 40% baik, 20% cukup, dan 6,7% kurang memahami konsep tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun sebagian besar guru telah memahami pembelajaran holistik secara memadai, masih diperlukan upaya peningkatan kapasitas agar penerapan konsep tersebut dapat lebih optimal dalam proses pembelajaran di kelas. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya program pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran holistik secara efektif. Sehingga dapat disimpulkan masih diperlukan pelatihan berkelanjutan agar penerapan pembelajaran holistik di kelas dapat lebih optimal.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Kusuma, E. M. V., Susanto, A., Arniati, F., & Hadi, M. S. (2025). Pengembangan Konsep Pembelajaran Holistik Berbasis Psikologi Humanistik Abraham Harold Maslow Terhadap Guru Kelas di Sekolah Dasar Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(3), 385–394. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.3815

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.