Analisis Statistika Hubungan antara Hasil Tes Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pencapaian Akademik Siswa dalam IPAS Kelas IV SDN Socah 2

Authors

  • Eka Maya Kusuma Universitas Trunojoyo Madura
  • Bagus Rahmad Wijaya
  • Andika Adinanda Siswoyo

Keywords:

Abad 21, Kreativitas, Hasil belajar, Kuantitatif, Korelasi

Abstract

Keterampilan abad 21 adalah keterampilan yang harus dimiliki siswa saat ini. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki adalah keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang mengharuskan memiliki pemahaman yang tinggi. Hasil belajar yang menjadi tolak ukur seseorang memiliki pemahaman yang tinggi. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian kuantitatif korelasi, yang mana bertujuan untuk keterkaitan antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen tes dan dokumentasi dari hasil pembelajaran sebelumnya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Socah 2 dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa taraf signifikansi sebesar 0,044 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang jelas antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki hasil capaian akademi yang baik berarti mereka memiliki kemampuan yang baik pula dalam berpikir kreatif, sehingga siswa yang mampu berpikir kreatif adalah mereka yang dapat berpikir tingkat tinggi.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Kusuma, E. M., Wijaya, B. R., & Siswoyo, A. A. (2025). Analisis Statistika Hubungan antara Hasil Tes Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pencapaian Akademik Siswa dalam IPAS Kelas IV SDN Socah 2. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(1), 59–65. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/324