Pengembangan Buku Berjenjang Berbasis SAS untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Nawang Wulan Sari Program Studi PGSD, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nugraheti Sismulyasih SB Program Studi PGSD, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.1919

Keywords:

buku berjenjang, Metode SAS, kemampuan membaca permulaan, Pembelajaran SD

Abstract

Keterampilan membaca permulaan memiliki peran penting dalam keberhasilan belajar siswa sekolah dasar. Hasil observasi di SD N Dempet 2 menunjukkan bahwa 43% siswa kelas 1 mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan ini. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan, 2) menguji kelayakan, dan 3) mengevaluasi keefektifan buku berjenjang berbasis metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi delapan tahapan sebagai berikut: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Desain buku berjenjang berbasis SAS untuk siswa kelas 1 di kembangkan 2 jenjang yaitu jenjang A dan jenjang B-1. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku berjenjang berbasis SAS memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi, dengan skor 94% dari ahli materi dan 95% dari ahli media. Uji efektivitas menggunakan t-test menunjukkan hasil yang signifikan, baik pada uji coba skala kecil (thitung = 4,929 > ttabel = 2,571) maupun uji coba skala besar (thitung = 14,055 > ttabel= 2,080) pada taraf signifikansi 5%.  Perhitungan N-Gain sebesar 0,8136 menunjukkan peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan kategori tinggi. Dengan demikian, buku berjenjang berbasis SAS layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Wulan Sari, N., & Sismulyasih SB, N. (2025). Pengembangan Buku Berjenjang Berbasis SAS untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(2), 190–199. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.1919

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.