Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Kelas 5 SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong

Authors

  • Minarti Watem Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Desti Rahayu Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Asrul Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Implementasi; Gerakan Literasi Sekolah; Siswa kelas V

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah dan faktor-faktor penghambat serta pendukungnya di kelas 5 SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi dan catatata lapangan. teknik analisis data adalah kualitatif interaktif yang melibatkan empat tahap utama yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah Aimas. Penelitian ini menunjukkan bahwa GLS telah berhasil diterapkan sejak 2016, dengan fokus pada membaca, menulis, dan bercerita. Faktor-faktor pendukung keberhasilan ini meliputi dukungan guru yang antusias dan fasilitas perpustakaan yang nyaman. Namun, ada hambatan seperti kurangnya fasilitas perpustakaan dan dampak perubahan kurikulum. Minat siswa dalam literasi dianggap penting untuk keberhasilan GLS. Penelitian ini juga membahas solusi potensial dan implikasi teoritis untuk meningkatkan literasi siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang implementasi GLS di SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong, serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya dan potensi solusi untuk meningkatkan literasi siswa.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Watem, M., Rahayu, D., & Asrul, A. (2024). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Kelas 5 SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 89–96. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1874

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.