Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat

Authors

  • Wina Amelia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Candra Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rizki Zuliani Universitas Muhammadiyah Tangerang

Keywords:

Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar; Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV antara yang menggunakan pendekatan saintifik dan yang menggunakan pendekatan konvensional. Jenis pendekatan penelitian ini ialah kuantitatif quasi experiment  dengan desain  non-equivalent control group. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat, sebanyak 60 siswa dan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa diambil dari sampel penelitian. Yaitu, kelas IV A dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi & soal essay sebanyak 15 butir. Uji hipotesis sebelum dilakukan pengujian dengan menggunakan uji-t diperoleh

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Amelia, W., Rini, C. P., & Zuliani, R. (2024). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 55–60. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1873

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.