Penggunaan Metode Reading Guide terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong

Authors

  • Ahmad Yulianto Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ribut Purwojuono Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Tri Wahyuni Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Reading guide; membaca pemahaman; sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode reading guide terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong. Penelitian ini merupakan desain eksperimen tipe one-group pretest-posttest design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode reading guide dan variabel terikatnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes (pretest/posttest). Teknik analisis data terdiri dari 3 tahap observasi dan dekriptif data , uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas butir instrumen pretest dan posttest yang diperoleh sebesar 0,430. Dari hasil analisis data diperoleh deskriptif data pretest nilai mean sebesar 42,5241 sedangkan posttest mean sebesar 73,0138. Dari analisis data diperoleh uji normalitas sig sebesar 0,200 > 0,05, maka data berdistribusi normal. Hasil uji one sample T-test dari data posttest diperoleh Thitung >Ttabel yaitu 46,364 >2,052 dengan besar taraf Sig (2-teiled) sebesar 0,001< 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 di tolak, dapat simpulkan bahwa metode reading guide memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Yulianto, A., Purwojuono, R., & Wahyuni, T. (2024). Penggunaan Metode Reading Guide terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 61–66. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1870

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 

You may also start an advanced similarity search for this article.