Keefektifan Media Peta Harta Karun Berbasis HOTS Materi Satuan Berat di Sekolah Dasar

Authors

  • Dea Iintri Oktriyanti Universitas PGRI Silampari
  • Rudi Erwandi Universitas PGRI Silampari
  • Andri Valen Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1858

Keywords:

Media; Peta Harta Karun; Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji keefektifan media peta harta karun berbasis HOTS materi satuan berat di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan desain ADDI­­E. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Lubuklinggau berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Adapun instrumen yang digunakan yakni berupa soal tertulis. Data hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian pada uji keefektifan kegiatan pretest diperoleh skor rata-rata yakni 38,10 kemudian nilai rata-rata siswa saat posttest sebesar 82,41. Diketahui nilai N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest yaitu sebesar 0,72 dengan klasifikasi tinggi sehingga media peta harta karun berbasis HOTS dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dari itu berdasarkan rekapitulasi nilai N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest serta didukung oleh penelitian yang relevan maka dapat disimpulkan bahwa media peta harta karun berbasis HOTS materi satuan berat dapat dinyatakan efektif untuk digunakan dalam materi satuan berat kelas II SDN 2 Lubuklinggau.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Oktriyanti, D. I., Erwandi, R., & Valen, A. (2024). Keefektifan Media Peta Harta Karun Berbasis HOTS Materi Satuan Berat di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(3), 329–337. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1858

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.