Pemanfaatan Permainan Tradisional Intingan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 77 Rante Lemo
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1851Keywords:
Permainan tradisional intingan: Hasil belajar matematika; siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui pemanfaatan permainan tradisional intingan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 77 Rante Lemo dengan jumlah siswa yaitu 11 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan soal tes. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya permainan tradisional intingan dimana pada siklus I ada 7 siswa yang sudah tuntas sesuai dengan KKM dan 4 siswa belum tuntas dengan presentase ketuntasan 64% dan nilai rata-rata 72,72, sedangkan pada siklus II ada 10 siswa yang sudah tuntas dan hanya 1 siswa yang belum tuntas dengan presentase ketuntasan 91% dan nilai rata-rata 86,36%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan permainan tradisional intingan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN 77 Rante Lemo.