Implementasi Flipped Classroom dalam Mendukung Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar

Authors

  • Umi Latifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ida Rindaningsih

Keywords:

Kemandirian Belajar; Flipped Classroom; Merdeka Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Flipped Classroom yang mendukung merdeka belajar sehingga meningkatkan kemandirian belajar. Pada Penelitian ini termasuk dalam kuantitatif deskriptif , dengan teknik analsis data menggunakan angket skala liket dengan nilai 1 sampai 4. Populasi dan sampel sebanyak 90 peserta didik Kelas 5 Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Analisis data dilakukan dengan menghitung presentase jawaban dari setiap inidikator dari nilai presentase tertinggi dan nilai presentase terendah.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran Flipped Classroom terdapat 47,5% peserta didik mampu memahami dan beradaptasi dengan pembelajaran Flipped Classroom. 51,8% kemandirian belajar peserta didik meningkat. Dalam penelitian ini menunjukkan tanggapan positif terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik sekolah dasar. Peserta didik juga memiliki rasa antusias yang sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa Flipped Classroom menjadi salah satu solusi pendekatan pembelajaran yang mengatur aktivitas belajar didalam dan diluar kelas sehingga dapat mendukung merdeka belajar dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Latifah, U., & Rindaningsih, I. (2023). Implementasi Flipped Classroom dalam Mendukung Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 156–166. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1826

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.