Implementasi Model Paired Storytelling Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres 14 Samate Raja Ampat

Authors

  • Atiya Elly Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Mursalim Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Model Pembelajaran; Paired Storytelling; Kemampuan Bercerita.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran paired storytelling terhadap kemampuan bercerita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres 14 Samate Kabupaten Raja Ampat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 14 Samate Kabupaten Raja Ampat yang berjumlah 8 siswa. Instrumen  pengumpulan data mengunakan penilaian tes kemampuan bercerita dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t. Hasil uji normalitas nilai pretest-posttest memiliki P-value (sig.) senilai 0,200> ?=0,05 sehingga data berasal dari variabel yang berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t test bahwa rata-rata skor pretest dan posttest dengan dengan signifikansi ?= 0,05, diperoleh  nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan dari perhitungan nilai thitung dan ttabel diperoleh bahwa nilai thitung  11,613 > ttabel 0,025, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest dengan menggunakan penggunaan model pembelajaran paired story telling yang artinya ada pengaruh signifikan implementasi model pembelajaran paired story telling terhadap kemampuan bercerita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres 14 Samate Kabupaten Raja Ampat.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Elly, A., & Mursalim, M. (2022). Implementasi Model Paired Storytelling Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres 14 Samate Raja Ampat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 101–109. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1818

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.