Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa tentang Pluralisme Di Indonesia Menggunakan Media Pop-Up Book di Kelas IV SDN 360 Pintoe Kabupaten Luwu

Authors

  • Nurbayani Nurbayani Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sunardin Sunardin Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Iin Dwi Aristy Putri Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Kemampuan Pemahaman; Pluralisme; Media Pop-Up Book.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman siswa setelah penggunaan media Pop-Up Book serta dapat dijadikan referensi dalam upaya meningkatkan kemampuam pemahaman siswa tentang pluralisme pada materi keragaman agama di Indonesia di Kelas IV SDN 360 Pintoe Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan hanya I siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah soal tes pilihan ganda, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah minimal 70% dari siswa mencapai Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) ? 70. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum pemberian tindakan diperoleh nilai rata-rata siswa 31,6 dengan persentase ketuntasan 10,5%, setelah pemberian tindakan dengan menggunakan media Pop-Up Book pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,73 dengan persentase ketuntasan 78,9% masuk kategori tinggi. Sehingga berdasarkan hasil tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman siswa tentang pluralisme pada materi keragaman agama di Indonesia menggunakan media Pop-Up Book di kelas IV SDN 360 Pintoe Kabupaten Luwu.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Nurbayani, N., Sunardin, S., & Putri, I. D. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa tentang Pluralisme Di Indonesia Menggunakan Media Pop-Up Book di Kelas IV SDN 360 Pintoe Kabupaten Luwu. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 183–188. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1815

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.