Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif

Authors

  • Yuni Budyastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Konstruktivisme; Pembelajaran Daring; 5M.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan teori konstruktivisme yang terkait dengan pembelajaran daring interaktif di SMP Negeri 1 Pabelan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan study pustaka. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran kelas VIII, dan siswa kelas VIII sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dan wawacara. Hasil dari penelitian ini, siswa dapat mengonstruksi pemahamannya melalui pembelajaran daring dengan berbantuan media whatsapp seperti mengajukan pertanyaan melalui chat, atau voice note, mengerjakan tugas secara langsung melalui share link dari guru, memberikan feedback atau koreksi ke siswa dengan melampirkan bukti screenshoot, dan menyimpulkan materi secara bersama-sama dengan meminta siswa mengirimkan foto hasil rangkuman materi dan dibagikan pada chat grup, serta guru menambahkan, menjelaskan dengan disertai lampiran materi berupa doc, PPT, dan e-modul. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran daring menunjukkan proses interaktif yang sangat baik antara guru dan siswa SMP Negeri 1 Pabelan.

Downloads

Published

2021-07-21

How to Cite

Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 112–119. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1798

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.