Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran SD Inpres 135 Hasik Jaya Kabupaten Sorsel

Authors

  • Adrianus Tambing Bontong Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Faizin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syams Kusumaningrum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Analisis; Kurikulum 2013; Proses pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dan mendiskripsikan pelaksanaan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SD Inpres 135 Hasik Jaya Kabupaten Sorong Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan satu guru kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dibuat guru sudah sesuai dengan komponen-komponen K13. Pelaksanaan K13terdapat beberapa kendala; 1) kendala yang guru alami adalah kekurangan media pembelajaran dan 2) guru mengalami kebingungan dalam melaksanakan proses penilaian, karena pada saat pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan tematik, namun dalam tahap penilaian guru harus melakukan penilaian setiap muatan pelajaran. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran SD Inpres 135 Hasik Jaya kabupaten Sorong sudah diterapkan, namun masih terdapat hambatan dalam tahap penilaian ketika guru bingung bagaimana melakukan proses penilaian.

Downloads

Published

2021-07-21

How to Cite

Bontong, A. T., Faizin, M., & Kusumaningrum, S. (2021). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran SD Inpres 135 Hasik Jaya Kabupaten Sorsel. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 120–127. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1792

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.