Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey

Authors

  • Yugga Tri Surahman Prodi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

John Dewey; Learning by Doing; Pragmatisme.

Abstract

Memaksimalkan kualitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode Learning By Doing. Tujuan penelitian ini adalah uintuk mengetahui metode Learning By Doing. model pembelajaran learning by doing artinya sebuah konsep belajar menggunakan melakukan serta mengerjakan secara aktif, yaitu sebuah pandangan pendidikan pragmatisme berdasarkan dua alasan krusial: yang pertama adalah suatu takdir Tuhan bahwa anak merupakan makhluk ciptaan yang aktif aktif, yang kedua adalah melalui bekerja anak by doing yaitu bahwa siswa perlu terlibat dalam proses belajar secara impulsive/spontan. Dalam hal ini akan membantu peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan belajar aktif pada proses pembelajaran. Penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Desain rancangan penelitian disusun oleh peneliti menggunakan Kajian Literatur. harapan dari Literatur ini bisa memaksmalkan kualitas belajar melalui metode Learning By Doing pada Sekolah. Hasil dari metode ini adalah peserta didik mampu merangsang dan bersungguh-sungguh dalam proses belajar mengajar sehingga keaktifan peserta didik dapat maksimal dan target tercapai sesuai harapan.

Downloads

Published

2021-07-21

How to Cite

Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137–144. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1789

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.