Pengaruh Media Kartu Cerita terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom

Authors

  • Yofita M Seso Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Solehun Solehun Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Teguh Yuliandri Putra Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Media Kartu Cerita; Kemampuan Ide Pokok Paragrap; Siswa Kelas V

Abstract

Penelitian yang dilakukan berdasarkan hasil pretest dan postest yang peneliti temukan di SD Inpres 5 Doom, yaitu Media Kartu Cerita Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom merupakan media yang membantu siswa untuk memahami ide pokok paragraf dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui pengaruh media kartu cerita terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 5 Doom yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa besarnya pengaruh media kartu cerita dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t pada hasil post test berdasarkan perhitungan maka diperoleh thitung sebesar 3.712 dengan Df = 20 diperoleh ttabel sebesar 1.717, dengan taraf signifikansinya 0.05, yakni (0,00 < 0,05 maka hipotesis diterima, berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media kartu cerita terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf siswa kelas 5 SD Inpres 5 Doom.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Seso, Y. M., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2022). Pengaruh Media Kartu Cerita terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 74–80. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1782

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.