Analisis Faktor Penghambat Implementasi Pembelajaran Daring Siswa SD Inpres 68 Kota Sorong

Authors

  • Nilam Pangestika Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Faizin Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Mursalim Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pembelajaran Daring; Whatsapp Group; Siswa SD.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat implementasi pembelajaran daring dan mendeskripsikan cara implementasi pembelajaran daring siswa SD Inpres 68 Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan descriptive qualitative. Teknik yang digunakan adalah teknik wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Analisis data redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) faktor penghambat implemenatsi pembelajaran daring ada 5 yaitu: a) tidak bisa akses aplikasi belajar daring dimana Guru dan siswa masih belum paham tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi belajar daring, b) keterbatasan ekonomi sehingga tidak semua siswa memiliki hp c) jaringan internet kurang baik dimana masih banyak siswa yang menggunakan jaringan seluler sehingga dalam membuka materi yang telah dibagikan oleh guru menjadi terhambat, d) biaya tinggi karena banyak siswa yang mengeluh mengenai biaya kuota walaupun dari pemerintah sudah ada namun dianggap tidak cukup, dan e) kurangnya pendampingan orang tua yang cenderung memiliki kesibukan pekerjaan dan 2) Implementasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp guru menyampaikan materi pembelajaran melalui WAG (WhatsApp Group). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa faktor penghambat dalam pembelajaran daring dan pembelajaran daring menggunakan bantuan aplikasi whatsapp.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Pangestika, N., Faizin, M., & Mursalim, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Implementasi Pembelajaran Daring Siswa SD Inpres 68 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 81–88. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1779

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.