Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SDS Torsina III Singkawang Tahun Ajaran 2024/2025

Authors

  • Alfrinadiah Halawa Program Studi PGSD, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Haris Rosdianto Program Studi PGSD, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Wahyuni Oktavia Program Studi PGSD, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.1156

Keywords:

Pengaruh, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SDS Torsina III Singkawang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Sumber data berasal dari hasil angket dan dokumentasi nilai UTS. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada indikator ketekunan dalam belajar terdapat nilai sebesar 44. Ulet dalam menghadapi kesulitan dengan nilai 39,11. Minat dan ketajaman perhatian dalam belajar dengan nilai 38,11. Berprestasi dalam belajar dengan nilai 41,16. Dan pada indikator mandiri dalam belajar dengan nilai 50. Selain itu pada hasil uji regresi linear sederhana terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa yang dilihat dari nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,176 atau 17,6% yang artinya bahwa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPAS siswa kelas V SDS Torsina III Singkawang sebesar 17,6% sementara sisanya 82,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ditelititi dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SDS Torsina III Singkawang.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Halawa, A., Rosdianto, H., & Oktavia, W. (2025). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SDS Torsina III Singkawang Tahun Ajaran 2024/2025. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(2), 171–179. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.1156

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.