STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN VEGA PRIME HOTEL & CONVENTION SORONG MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN
Keywords:
Instagram, Komunikasi Pemasaran Digital, Strategi 4P, Media Sosial, Engagement, Media OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam strategi komunikasi pemasaran digital yang diterapkan oleh Vega Prime Hotel & Convention Sorong melalui platform Instagram dalam meningkatkan daya tarik konsumen. Dalam era digital, media sosial menjadi salah satu saluran paling strategis dalam menjalin komunikasi antara merek dan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa hotel menerapkan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) secara konsisten. Melalui pemanfaatan fitur Instagram seperti Stories, Reels, dan Feed, serta interaksi langsung dengan pengguna, hotel berhasil membangun brand awareness dan meningkatkan keterlibatan konsumen. Meski demikian, tantangan seperti perubahan algoritma dan persaingan konten digital tetap menjadi hambatan yang harus diatasi. Penelitian ini memberikan wawasan praktis dalam menyusun strategi pemasaran digital yang adaptif dan efektif.
References
Asy’ary, A. P. M., & Yusuf, Y. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Loyalitas Pelanggan Umkm Vdi Kota Kendari Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(4), 18417–18508. 2024.
Cheren, C., & Haryanto, H. Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Umkm Kurokoci Meow & Woof. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 1340–1351. 2022.
Haryanto, H., Delfina, D., Jessica, J., Chang, J., & Quinn, F. Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi Dan Pendapatan Umkm Jhn Shop Batam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 181–186. 2022.
Hermawansyah, A. Analisis Profil Dan Karakteristik Pengguna Media Sosial Di Indonesia. 2022.
Hubner, I. B., Wijaya, J. V., & Nugraha, K. D. Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Flash Coffee Di Jabodetabek. Jurnal Bangun Manajemen, 1(2), 72–77. 2023.
Husna, N. K., & Mala, I. K. Strategi Pemasaran Konten Dalam Meningkatkan Interaksi Konsumen Di Media Sosial. Ekonomika, 12(2), 21–31. 2024.
Ismah, H. Z. Integrasi Komunikasi Marketing: Bts Dan Blackpink Sebagai Brand Ambassador Dalam Iklan Tokopedia. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(2), 1196–1206. 2023.
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. Uses And Gratifications Research. The Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523. 1973.
Khairunnisa, C. M. Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. Jamin: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98–102. 2022.
Kotler, P., & Keller, K. L. Gestión De Marketing. Pearson. 2016.
Maylinda, S., & Sari, I. P. Optimalisasi Integrated Digital Marketing Dalam Strategi Pemasaran Umkm Imago Raw Honey. Jabe (Journal Of Applied Business And Economic), 7(4), 521–533. 2021.
Nadhira, S., Program, L., Manajemen, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Padli, M. I., & Program, N. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Pada Akun @Medantalk. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 1(4), 254–257. Https://Doi.Org/10.61722/Jiem.V1i4.361 2023.
Natasya, A. F., & Kuswibowo, C. Analisis Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt Sepakat Teknologi Nusantara Di Jakarta Pusat. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri Dan Rantai Pasok, 4(1), 180–188. 2023.
Nursyamsi, S. E., Siregar, N., & Nurahlina, N. Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 140–154. 2022.
Ramadhan, T. S. Digital Marketing Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. 2022.
Ruggiero, T. E. Uses And Gratifications Theory In The 21st Century. Mass Communication & Society, 3(1), 3–37. 2000.
Sundar, S. S., & Limperos, A. M. Uses And Grats 2.0: New Gratifications For New Media. Journal Of Broadcasting & Electronic Media, 57(4), 504–525. 2013.
Sutanto, A. C., Simon, V. M., Son, S. S., Nadhif, L. D., Chang, G., & Ningsih, R. Y. Efektivitas Penggunaan Instagram Dalam Proses Branding Pada Umkm Di Kemanggisan. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 2(3), 204–211. 2024.
Utami, R., & Fauzi, A. Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 90–94. 2023.
Whiting, A., & Williams, D. Why People Use Social Media: A Uses And Gratifications Approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362–369. 2013.
Yudha, E. P., Kurniawan, A., & Hermawan, M. F. Daya Tarik Konsumen Terhadap Pasar Modern Versus Pasar Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis, 7(1), 118–124. 2023.
Referensi Penelitian Terdahulu
Devina, F. A., Lukman, A. S., & Aprilia, I. (2023). Implementation Of Cyber Public Relations By Digmo Agency To Increase Mimume Brand Awareness Through The Instagram Platform. Educationist: Journal Of Educational And Cultural Studies, 1(3), 310–316.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.
Putra, R., & Lestari, A. (2021). Strategi komunikasi pemasaran Hotel XYZ melalui Instagram dalam meningkatkan minat konsumen. Jurnal Komunikasi dan Media, 9(2), 115–127.
Rachman, M., & Sari, D. (2020). Pengaruh digital marketing melalui Instagram terhadap peningkatan kunjungan Hotel ABC. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 55–68.
Nugroho, F., & Handayani, L. (2022). Optimalisasi media sosial dalam strategi branding Hotel DEF untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(3), 145–158.