ANALISIS DAMPAK OPTIMALISASI WEBSITE RUMAHETNIKPAPUA.COM TERHADAP PENINGKATAN PENGUNJUNG DI RUMAH ETNIK PAPUA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari optimalisasi website rumahetnikpapua.com terhadap
peningkatan kunjungan ke Rumah Etnik Papua sebagai destinasi wisata budaya di Sorong. Optimalisasi dilakukan
melalui strategi brand destination, komunikasi pemasaran digital, dan penerapan SEO. Metode yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa perbaikan tampilan website, penyusunan konten budaya yang konsisten, serta
integrasi fitur interaktif berhasil meningkatkan keterjangkauan dan keterlibatan pengunjung, baik secara daring
maupun luring.
References
Buku:
Martin Lester, et al., New media: A Critical Introduction. Routledge 270 Madison Ave, 2003.
Wardrip-Fruin and Nick Montfort., The New Media Reader. The MIT Press, 2003.
Referensi Jurnal
Addin Maulana, Dini Oktaviyanti, Dwi Wahyuni, Norman Sasono, Guntur Sakti. Implikasi Kebijakan atas Terbitnya Travel & Tourism Development Index 2021 Terhadap Upaya Peningkatan Da
Adetya Perdanaraya Putra Wiedyudja, Adetya (2023). Analisis Proses Produksi Program Tvri Sport Pagi.
Butarbutar, N., Sherly, S., Sinaga, O. S., Doloksaribu, W. S. A., & Sudirman, A. (2023). The Influence of Experiential Marketing and Integrated Marketing Communications on Visitor Loyalty. International Journal of Business, Law, and Education, 4(2), 1066-1075.
Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata: Brand and Destination. Jakarta: Prenada Media Group.
Devina, F. A., Lukman, A. S., & Aprilia, I. (2023). Implementation Of Cyber Public Relations By Digmo Agency To Increase Mimume Brand Awareness Through The Instagram Platform. Educationist: Journal Of Educational And Cultural Studies, 1(3), 310-316.
Florek, M. (2014). Memikirkan kembali ekuitas merek—kemungkinan dan tantangan penerapannya di tempat. Memikirkan Kembali Pencitraan Merek Tempat: Pengembangan Merek Komprehensif untuk Kota dan Wilayah , 225-239.
Gampo Haryono, Albetris Albetris. Peranan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Pemanfaatan E-Tourism Marketing untuk Meningkatkan Niat Berkunjung Wisatawan. Ekon J Econ Bus. 23 Maret 2022;6(1):136.
Harianto, H., Vidyatmoko, D., & Rosadi, H. Y. (2013). Determinan Inovasi Teknologi dan Kebijakan Pengembangan pada Industri Pangan (Determinants of Technological Innovation and Development Policy in Food Industry). JURNAL PANGAN, 22(4), 287-298.
Indra Mualim Hasibuan, Satrya Mutthaqin, Ridho Erianto, Isnaini Harahap. Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Nasional. 2023;8(2).
Ibal L, Madaul RA, Rifqah NN. Model Kolaboratif Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem melalui Konsep Hexahelix di Provinsi Papua Barat Daya. J Sos Hum. 30 Desember 2023;16(2):164
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed
Laksono, P., Pesantren Abdul Chalim, I. K., & Massa, K. (2019). Kuasa Media Dalam Komunikasi Massa (Vol. 4, Issue 2).
Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly, K. (2008). Media baru: Pengantar kritis . Routledge.
Morrison, A. M., & Anderson, D. J. (2002). Destination Branding. Purdue University.
Moleong, L. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 25.
Morgan, N., Pritchard, A., & Pride, R. (2007). Pencitraan merek destinasi . Routledge.
Masruri, N. H., & Nihayati, D. A. (2022). Optimasi SEO on-page pada long-tail keyword untuk meningkatkan visibilitas website di dalam SERP. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 6(2), 141-149.
Nasri J, Faramit Sanaba H, Hadi S, et al. Pelatihan Penerepan Teknologi Dan Inovasi Digital Untuk Meningkatkan Omset Industri Pariwista. 2024;8(3):3186-3200.
Nurhasanah, E., & Karyaningsih. (2021). YUME : Journal of Management Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Minat Beli Pada Website Sophie Paris. YUME : Journal of Management, 4(1), 177–186.
Novita Prastiani, Rhesa Zuhriya Pratiwi. Promosi dan pemasaran pariwisata objek wisata Tirta Sinongko dalam upaya menarik wisatawan. PRofesi Humas J Ilm Ilmu Hub Masy. 7 Agustus 2020;5(1):38.
Nisak, Rahmi Nadhifatul (2024). Makna Rumah Dalam Film Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang (Analisis Semiotika Roland Barthes).
Ollani Vabiola Bangun, Savitri Wulandari, Eko Ananto, Iranisa. Pengaruh Anggaran Pariwisata Terhadap Produk Domestik Bruto, Tenaga Kerja, Dan Devisa Pariwisata. J Budg Isu Dan Masal Keuang Negara. 29 November 2023;8(2):293–311.
Riza Supian, & Alexandra Hukom. (2023). Potensi Ekonomi Kreatif Dalam Mengatasi Pengangguran di Provinsi Kalimantan Tengah . Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 208–220.
Pramono Benyamin, Eni Maryani, Meria Octavianti. Penggunaan Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Ciburial, Samarang, Garut. Communication. 26 Oktober 2021;12(2):108.
Purnamasari, N., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Majalah Tren Bogor dalam Upaya Menarik Minat Pemasang Iklan. Jurnal Komunikatio, 2(2).
Pohan, Desi Damayani; Fitria, Ulfi Sayyidatul. Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research And Social Studies, 2021, 29-37.
Prabowo, H. (2020). "Peran Media Massa dalam Membangun Kesadaran Publik Terhadap Isu Lingkungan." Jurnal Komunikasi dan Media, 8(2), 78-90.
Pemasaran Restoran Bola Seafood Bali Nadya Melya Hidayat, et al., (2024). Strategi Digital Marketing Visitudio (@Visitbogor) Dalam Strategi Digital Marketing Visitudio (@Visitbogor) Dalam Komunikasi Pemasaran Restoran Bola Seafood Bali.
Sari, R. (2019). "Pengaruh Media Massa Terhadap Perubahan Sikap Masyarakat di Era Digital." Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 45-60.
Santa, Made Galuh Inggita Amaranila. Implementasi Komunikasi Pemasaran Oleh The Kayon Resort Dalam Meningkatkan Brand Awareness. 2023. Phd Thesis. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Situmorang, S. H. (2008). Destination brand: membangun keunggulan bersaing daerah. Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jurnal Wahana Hijau, 4(2).
Septiani, P., & Kurniawan, H. (2020). Analisa Penggunaan Keyword Untuk Implementasi Search Engine Optimization (SEO). Respati, 15(3), 83-91.
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan konten promosi digital bisnis kuliner kika’s catering di media sosial. PRofesi humas, 3(1), 102-119.
Viney, D. (2008). Get to top on Google. Boston: Nicolas Brealy Publisher
Yudha, AP, & Irawan, AW (2022). Analisa Iklan Melalui Fitur Instagram Ads terhadap Minat Beli Konsumen Frozen Food. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) , 8 (1), 55-74.
Zahara, Evi. Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi. Warta Dharmawangsa, 2018, 56.
Website
UN TOURISM. Pariwisata dalam Agenda 2030 [Internet]. [dikutip 24 Desember 2024]. Tersedia pada: https://www-unwto-org.translate.goog/tourism-in- 2030-agenda?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
Antara Dyah. Kantor Berita Antara. 2023 [dikutip 20 Desember 2024]. Kinerja sektor ekonomi kreatif Indonesia triwulan III-2023. Tersedia pada: https://www.antaranews.com/infografik/3838500/kinerja-sektor-ekonomi- kreatif-indonesia-triwulan-iii-2023
Utami, S. F., 2023 [dikutip 27 Januari 2025] . Teknik Optimalisasi Website untuk Tingkatkan Performa dan Traffic SEO! Whello Indonesia. Tersedia pada: https://whello.id/tips-digital-marketing/optimalisasi-website/
Rumah Etnik Papua 2023 [dikutip 31 Januari 2025]. History of Rumah Etnik. Tersedia pada: https://rumahetnikpapua.com/
Referensi Penelitian Terdahulu
Arfiansyah, M. A. (2022). Optimalisasi Website Untuk Meningkatkan Promosi Desa Wisata. Jurnal Al Basirah, 2(2), 141-149.
Amalia, N., Aldolyn, V. R., Fadhli, M., Alexzander, A. L., & Kusuma, R. M. (2024). Pemanfaatan Website Desa Dalam Upaya Optimalisasi Pemasaran Produk Umkm Di Desa Karanglo Kabupaten Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(3), 66-73.
Fadhlurrahman, A. (2024). Analisis Pemasaran Melalui Optimalisasi Website Frozenjakarta. Com Di Pt. Niaga Digital Persada Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Tahun 2023. Jurnal Pijar, 2(02).