STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI RUMAH ETNIK PAPUA

Authors

  • Dedi Irawan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Canggi Araliya Aprianti Ode Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Juminah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh rumah etnik papua dalam meningkatkan penjualan produk, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi pemasaran. Rumah Etnik Papua merupakan destinasi wisata budaya yang terletak di Kelurahan Malasom, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, yang memiliki UMKM suvenir budaya khas Papua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung terhadap aktivitas pemasaran baik secara online maupun offline, wawancara mendalam dengan owner dan karyawan Rumah Etnik Papua serta pelaku pemasaran produk, dan dokumentasi penjualan atau catatan terkait pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) meliputi 4P : product, price, place dan promotion. Penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Etnik Papua melalui pemasaran online dan offline, didukung oleh keunikan produk budaya lokal, dapat meningkatkan penjualan produk UMKM. Penelitian ini memberikan distribusi dalam pemahaman strategi komunikasi pemasaran dalam ranah online maupun offline, khususnya promosi UMKM suvenir Rumah Etnik Papua.

Kata kunci: Pemasaran, Komunikasi, Strategi, Rumah Etnik Papua

References

Buku

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 3.

Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). (2018). Metoda pengumpulan dan Teknik analisis data. Penerbit Andi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Prentice Hall.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., & Fasa, M. I. (2021). Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing.

Referensi Jurnal

Buulolo, M., & Susanto, D., (2022). Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan pada UD. Netral di Bawo’otalua kecamatan Lahusa kabupaten Nias selatan. AKDBB Journal of Economics and Business, 1(1), h.3.

Darus, P., & Silviani, I., (2022). Peran Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Bauran Pemasaran. Message: Jurnal Komunikasi, 11(1), h.60-73.

Eskak, E., & Widiastuti, R. (2019). Seni Rias Suku Dani sebagai Inspirasi Penciptaan Cenderamata Khas Papua dari Bahan Bambu. Dinamika Kerajinan dan Batik, 36(1), 35-46.

Idris, M. I., Purnamasari, E., & Ningsih, E. S. (2023). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Crab Food Mc Di Kelurahan Teluk Lerong Ulu Kota Samarinda Kalimantan Timur. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 3(2), 262-280.

Kusnara, H. P., & Satriana, W., (2024). Strategi Pemasaran Marketing Mix (7p) Terhadap Penjualan Online Dalam Meningkatkan Minat Beli: Studi Kasus Pada Ud. Kiripik Cawu. J-Ceki: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(4), h.2.

Manullang, S. (2021). Analisis Strategi Promosi UMKM di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. AL-MULTAZIM: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 1-12.

Nasri, J., Sanaba, H. F., Sabaria, S., Hadi, S., Astirin, O. P., Rahayu, M., & Marchivanalia, P. O., (2024). Pelatihan Penerepan Teknologi Dan Inovasi Digital Untuk Meningkatkan Omset Industri Pariwista. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), h.3187.

Nasution, D. A., Batoebara, M. U., & Junaidi, J. (2021). Peran Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jual-Beli Online Pada Facebook. Jurnal Bisnis Corporate, 6(2), h.103.

Pahlevi, M. R., & Swarnawati, A., (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada PT Albis Nusa Wisata di Jakarta. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(4), h.298.

Rizkhie, V. E., Nurhajati, N., & Asiyah, S. (2024). Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Keripik Buah Di Kota Malang. Jurnal SOLMA, 13(2), 1090-1096.

Tan, A. W., Ambouw, N. E. B., & Kustiwi, I. A. (2024). Digitalisasi ekonomi SIA: Transformasi sistem informasi akuntansi dalam meningkatkan efisiensi dan inovasi bisnis. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 2(2), 332-341.

Taufiq, M., Prihatni, R., & Gurendrawati, E. (2020). Pengaruh inovasi produk, kualitas produk dan penggunaan sistem akuntansi terhadap kinerja umkm. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 1(2), 204-220.

Ulandari, O. (2023). Efektivitas marketing mix 4P terhadap penjualan BUMDes “Sumber Rejeki” Desa Samir Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 183-195.

Yasmin, M. A., Agata, N. E., Nauli, A., & Mauboy, R. V. (2024). Literature Review: Strategi Pemasaran Marketing Mix Terhadap UMKM Lokal. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(2), 287-94.

Website:

Rumah Etnik Papua 2023 [dikutip 17 Desember 2024]. History of Rumah Etnik. Tersedia pada: https://rumahetnikpapua.com/

Referensi Penelitian Terdahulu:

Choirunnisak, M., (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Home Industri Hasta Indonesia. Skripsi, UIN Sunan Ampel.

Mujahidin, M., (2021). Analisis Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran Pada Beberapa Perusahaan Di Kota Palopo. Al-Kharaj: Journal Of Islamic Economic And Business, 3(2), h.31-43.

Helmita, H., & Surajiyo, S., (2022). Peran Strategi Komuikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Keripik Pisang Oleh–Oleh Khas Lampung Pada Umkm Keripik Pisang Didi. Jurnal Media Ekonomi (Jurmek), 27(2), h.1-11.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Dedi Irawan, Canggi Araliya Aprianti Ode, & Juminah. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI RUMAH ETNIK PAPUA. JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK, 5(2), 346–353. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/JPPADAP/article/view/3602