Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pendidikan Jasmani dalam Memahami Pembelajaran Gerak Ritmik dengan Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.36232/unimudasportjurnal.v6i2.4244Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pendidikan Jasmani, Gerak Ritmik, SaintifikAbstract
Tujuan Penelitian Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Sekolah Kesetaraan atau PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam Memahami Pembelajaran Gerak Ritmik dengan Pendekatan Saintifik, Metode dalam penelitian menggunakan mixedmethods dengan penggabungan alat pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif, penelitian dilaksankan di dalam sekolah kesetaraan PKBM Bangkit Mandiri dan PKBM Berkah Budi Mulia dengan Sampel 50 peserta didik masing-masing PKBM yakni 25 peserta didik, dimana peserta didik bisa memahami serta bisa mempunyai keberanin untuk menganalisis sebuah metode pembelajaran dengan hasil penelitian yang relevan terkhusus di dalam ranah pendidikan, dengan hasil penelitian menggunakan sebuah angket kuesioner dengan total soal 15 dengan di awali pengisian pre tes serta di akhiri pos test yang kedua tes menggunakan soal yang sama, dengan hasil yang sangat memuaskan, dimana hasil terhitung dengan rumuspresentase, hasil kedua instansi sangat-sangat berbeda yang dimana PKBM Bangkit mandiri mendapatkan hasil keseluruhan yakni 5 orang mendapatkan hasil “Rendah”, 14 orang mendapatkan hasil “Cukup” dan 6 orang mendapatkan hasil “Sangat Tinggi” serta PKBM Berkah Budi Mulia mendapatkan hasil keseluruhan yakni 6 orang mendapatkan hasil “Cukup”, 15 orang mendapatkan hasil “Tinggi” dan 4 orang mendapatkan hasil “Sangat Tinggi”. Dalam aktivitas pembelajaran peserta didik serta tenaga pendidik bisa saling bertukar pikiran dalam melaksankan pembelajaran, agar peserta didik lebih nyaman dalam melaksanakannya, serta tidak terlalu monoton dalam mengikutinya. Sangat efektif dan efisien dalam melaksanakan penelitian metode pembelajaran kurikulum merdeka dengan para peserta didik yang sangat interaktif.


