Evaluasi Hasil Pembelajaran Lempar Martil Semester Dua Program Studi Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.36232/unimudasportjurnal.v6i2.4082Keywords:
Hasil Belajar, Lempar Martil, Pendidikan JasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran atletik pada nomor lempar martil di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Sebagian besar mahasiswa berasal dari Papua dan belum mengenal nomor lempar martil sebelumnya karena keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah asal. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi dan teknik dasar lempar martil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan cukup baik, namun mahasiswa mengalami kesulitan dalam penguasaan teknik akibat keterbatasan pengalaman dan pemahaman awal. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang kontekstual, serta pendampingan intensif dalam praktik lapangan guna menjamin efektivitas pembelajaran dan keselamatan peserta didik.
Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, Lempar Martil, Pendidikan Jasmani, Mahasiswa


