Inovasi Penggunaan Notion dalam Pembelajaran Proyek yang Dinamis dan Interaktif

Authors

  • Risda Mustakim Politeknik Dewantara
  • Chalik Mawardi Politeknik Dewantara, Jl. K.H. Akhmad Razak Lr. 2 No. 7, Kota Palopo
  • Rismawati Politeknik Dewantara, Jl. K.H. Akhmad Razak Lr. 2 No. 7, Kota Palopo

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i1.300

Keywords:

Inovasi, Notion, Pembelajaran Interaktif, Proyek

Abstract

Tercapainya proses belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor mengajar, tetapi juga dipengaruhi oleh keaktifan para mahasiswa. Dimana pembelajaran dapat diperoleh melalui artikel, makalah, TV, web, radio dan lainnya. Perkembangan teknologi merupakan salah satu hal yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi dengan baik dan menjadi kolaborasi aktif selama proses belajar.   Notion merupakan salah satu platform yang dirancang untuk membantu pengguna mengatur dan mengelola  informasi, tugas, proyek dan catatan secara efesien. Platform Notion juga membantu dalam meningkatkan produktivitas dalam konteks perkuliahan dengan menyediakan fitur -fitur seperti dalam pengaturan jadwal, pengaturan tugas, catatan kuliah perencaan studi pelacakan kemajuan belajar dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain penelitian dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk dari hasil inovasi yang berbentuk website dengan menggunakan platform Notion dalam pembelajaran proyek dapat memebantu dan menunjang proses pembelajaran di kelas dan terbukti dengan adanya validasi ahli dengan hasil persentase 92% dari ahli media dan ahli materi dengan persenatse 89%. Serta, pengguna yang menunjukkan bahwa pada kelas kontrol memiliki nilai rata – rata 82,1% yang dikategorikan sangat aktif, sementara pada kelas eksperimen dengan nilai rata – rata 78,6% yang terkategori aktif

Downloads

Published

2025-01-23

How to Cite

Mustakim, R., Mawardi, C., & Rismawati. (2025). Inovasi Penggunaan Notion dalam Pembelajaran Proyek yang Dinamis dan Interaktif. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 6(1), 22–32. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i1.300

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.