Pengembangan Modul Berbasis Web-Based Interactive Learning Modules Informatika

Authors

  • Deni Sartika Ediward Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Indra Wijaya UPI YPTK Padang
  • Lika Jafnihirda UPI YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i2.1650

Keywords:

Modul, Informatika, Web-Based Interactive Learning, Flipbook

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis web-based interactive learning pada mata pelajaran informatika kelas X di SMA Negeri 6 Padang Semester Genap TA 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (R&D). Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (ADDIE) dengan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluate. Modul berbasis web-based interactive learning dilakukan dengan uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap tiga validator pada modul berbasis web-based interactive learning sebesar 95%, dapat diinterpretasikan sangat valid digunakan. Hasil uji praktikalitas terhadap tiga puluh siswa sebesar 87,18% dapat diinterpretasikan sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas terhadap tiga puluh siswa sebesar 90,13% dapat diinterpretasikan sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan para ahli serta hasil uji coba lapangan modul berbasis web-based interactive learning pada pembelajaran informatika yang sudah teruji validitas, praktikalitas, dan efektivitas untuk digunakan pada pembelajaran informatika kelas X di SMAN 6 Padang.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Ediward, D. S., Wijaya, I., & Jafnihirda, L. (2025). Pengembangan Modul Berbasis Web-Based Interactive Learning Modules Informatika. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 6(2), 49–59. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i2.1650