Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) Pada Mahasiswa Non-Madrasah dan Mahasiswa Thailand Di Perguruan Tinggi Islam

Authors

  • Reyhan Daffa Jeihansyah UIN Walisongo Semarang
  • Sofa Muthohar UIN Walisongo Semarang
  • Nilal Muna Fatmawati UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.3022

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi secara mendalam problematika yang dihadapi oleh mahasiswa non-madrasah dan mahasiswa asal Thailand dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) di lingkungan perguruan tinggi Islam. Metode kualitatif digunakan sebagai pendekatan utama, di mana peneliti melakukan wawancara untuk mengumpulkan data dari partisipan yang tersebar geografisnya. Pendekatan kualitatif dipilih karena memberikan kesempatan bagi peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman dan persepsi mahasiswa terkait dengan pembelajaran BTQ, serta untuk mengeksplorasi berbagai aspek kontekstual yang mempengaruhi proses pembelajaran mereka. Hasil penelitian menyoroti beberapa masalah yang dihadapi oleh kedua kelompok mahasiswa tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan perlunya perhatian lebih dari berbagai pihak terkait, termasuk perguruan tinggi Islam, untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa non-madrasah dan mahasiswa Thailand dalam pembelajaran BTQ. Diperlukan upaya bersama untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif, menyediakan dukungan yang lebih baik, guna meningkatkan kualitas pembelajaran BTQ di lingkungan perguruan tinggi Islam.

Downloads

Published

2025-08-25

How to Cite

Jeihansyah, R. D., Muthohar, S., & Fatmawati, N. M. (2025). Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Pada Mahasiswa Non-Madrasah dan Mahasiswa Thailand Di Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 613–622. https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.3022