Rancangan Aktivitas Bermain MatchPapua Guna Meningkatkan Area Working Memory Siswa SD

Authors

  • Nindi Meilani Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Dirna Viana Restu Labalawa Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Lorena Tiku Salu Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Eka Wahyu Ningsih Rado Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Rahmah Hindarti Utami Payapo Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Putrawansyah Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong

Keywords:

memori kerja, mencocokkan kartu, anak sekolah dasar

Abstract

Matching card meningkatkan kapasitas penyimpanan dan manipulasi informasi melalui desain bertahap (level kesulitan), agar dapat mengoptimalkan fungsi atensi dan recall pada anak SD. Kegiatan uji coba aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan working memory siswa dan siswi SD. Partisipan penelitian terdiri dari tujuh orang siswa kelas 4 SD. Working Memory diukur menggunakan alat tes WISC subtes digit span. Metode yang digunakan adalah metode true experiment desain pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada peningkatan working memory siswa setelah mengikuti kegiatan uji coba aktivitas bermain dengan nilai signifikansi sebesar 0.236 (M=-2.00, SD=2.70). Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya perlu memodifikasi desain matching card dengan integrasi elemen multimodal (verbal-visual-spasial), menggunakan asesmen working memory multidimensi dalam pengukuran tambahan, mengontrol variabel kontekstual (usia, baseline kognitif, durasi intervensi), dan mengeksplorasi strategi metakognitif peserta selama permainan untuk mengoptimalkan potensi stimulasinya.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Meilani, N., Labalawa, D. V. R., Salu, L. T., Rado, E. W. N., Payapo, R. H. U., & Putrawansyah. (2025). Rancangan Aktivitas Bermain MatchPapua Guna Meningkatkan Area Working Memory Siswa SD. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 5(1), 36–42. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jipmc/article/view/3401