Rancangan Aktivitas Bermain MatchPapua Guna Meningkatkan Area Working Memory Siswa SD
Keywords:
memori kerja, mencocokkan kartu, anak sekolah dasarAbstract
Matching card meningkatkan kapasitas penyimpanan dan manipulasi informasi melalui desain bertahap (level kesulitan), agar dapat mengoptimalkan fungsi atensi dan recall pada anak SD. Kegiatan uji coba aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan working memory siswa dan siswi SD. Partisipan penelitian terdiri dari tujuh orang siswa kelas 4 SD. Working Memory diukur menggunakan alat tes WISC subtes digit span. Metode yang digunakan adalah metode true experiment desain pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada peningkatan working memory siswa setelah mengikuti kegiatan uji coba aktivitas bermain dengan nilai signifikansi sebesar 0.236 (M=-2.00, SD=2.70). Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya perlu memodifikasi desain matching card dengan integrasi elemen multimodal (verbal-visual-spasial), menggunakan asesmen working memory multidimensi dalam pengukuran tambahan, mengontrol variabel kontekstual (usia, baseline kognitif, durasi intervensi), dan mengeksplorasi strategi metakognitif peserta selama permainan untuk mengoptimalkan potensi stimulasinya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nindi Meilani, Dirna Viana Restu Labalawa, Lorena Tiku Salu, Eka Wahyu Ningsih Rado, Rahmah Hindarti Utami Payapo, Putrawansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.