Efektivitas Media Flashcard Edukatif “SmartFlash” dalam Meningkatkan Short Term Memory Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
flashcard, memori jangka pendek, siswaAbstract
Banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan mengolah informasi, sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan merancang serta menguji efektivitas media flashcard edukatif berbasis visual dan tematik untuk meningkatkan daya ingat jangka pendek (short term memory) siswa kelas empat sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan desain pre-test dan post-test serta observasi perilaku. Peserta terdiri dari enam siswa kelas empat sekolah dasar. Intervensi dilakukan melalui permainan flashcard yang menstimulasi anak untuk mengingat dan menyebutkan kembali informasi secara cepat dan tepat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan signifikan dalam kemampuan memori jangka pendek dan memori kerja setelah anak mengikuti intervensi permainan flashcard, dengan nilai signifikansi sebesar 0.041 (M = 1.00, SD = 1.26). Rata-rata skor peserta meningkat dari 9,50 menjadi 10,50. Hasil observasi menunjukkan partisipasi, motivasi, strategi kognitif, dan kerja sama sosial berada pada kategori tinggi, sementara aspek recall, pengolahan bahasa, dan metakognisi bervariasi antar peserta. Permainan flashcard terbukti tidak hanya efektif dalam meningkatkan fungsi memori, tetapi juga mendorong keterlibatan kognitif, emosional, dan sosial anak selama proses belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhini Safitri, Meliasari Anggraeni, Rahma Nur Hajija, Windi Sari Eka Putri S. Maya, Adinda Shofia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.