Kepuasan Pakaian Merek Lokal dan Loyalitas Pelanggan
Abstract
Dalam industri pakaian merek lokal pesaing yang muncul bukan hanya dari merek lokal tapi juga datang dari merek asing. Untuk tetap bertahan dalam industri ini para pelaku usaha dapat memperhatikan beberapa aspek, salah satunya yaitu pelanggan. Pelanggan yang merasakan puas akan menjadi loyal sehingga para pelaku usaha mendapatkan keuntungan jangka panjang. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peran kepuasan pelanggan pakaian merek lokal terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian berjumlah 152 orang yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling, dengan kriteria mahasiswa, berusia 18-25 tahun dan pernah membeli pakaian merek lokal Indonesia. Hasil uji regresi linear sederhana dengan SPSS menunjukkan nilai koefisien regresi B sebesar 0.674 dengan p=0.000 (0.01). Kepuasan pelanggan dapat menjadi prediktor terhadap loyalitas pelanggan. Dimana apabila kepuasan pelanggan meningkat maka loyalitas pelanggan akan meningkat pula. Adapun kontribusi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar (R²=0.362) 36.2%
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nadhila Annifa Ichsan, Djudiyah Djudiyah, Nandy Agustin Syakarofath

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.