Kepuasan Pakaian Merek Lokal dan Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Nadhila Annifa Ichsan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah
  • Djudiyah Djudiyah Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah
  • Nandy Agustin Syakarofath Faculty of Psychology, University of Muhammadiyah Malang, Indonesia

Abstract

Dalam industri pakaian merek lokal pesaing yang muncul bukan hanya dari merek lokal tapi juga datang dari merek asing. Untuk tetap bertahan dalam industri ini para pelaku usaha dapat memperhatikan beberapa aspek, salah satunya yaitu pelanggan. Pelanggan yang merasakan puas akan menjadi loyal sehingga para pelaku usaha mendapatkan keuntungan jangka panjang. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peran kepuasan pelanggan pakaian merek lokal terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian berjumlah 152 orang yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling, dengan kriteria mahasiswa, berusia 18-25 tahun dan pernah membeli pakaian merek lokal Indonesia. Hasil uji regresi linear sederhana dengan SPSS menunjukkan nilai koefisien regresi B sebesar 0.674 dengan p=0.000 (0.01). Kepuasan pelanggan dapat menjadi prediktor terhadap loyalitas pelanggan. Dimana apabila kepuasan pelanggan meningkat maka loyalitas pelanggan akan meningkat pula. Adapun kontribusi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar (R²=0.362) 36.2%

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ichsan, N. A., Djudiyah, D., & Syakarofath, N. A. (2025). Kepuasan Pakaian Merek Lokal dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 5(1), 1–17. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jipmc/article/view/1739