Perilaku Adaptif Anak Autis Ditinjau dari Guru di SDLB Kota Sorong

Authors

  • Ashari Ashari Institut Agama Islam Negeri Sorong

Abstract

Abstrak.. Pada dasarnya Pendidikan merupakan kebutuhan pada setiap anak dan tetap sama dengan anak umumnya , sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) di Kota Sorong, Guru tetap yang berlatarbelakang Pendidikan Khusus hanya satu orang selebihnya latar Pendidikan dengan konsentrasi lain. Mininnya SDM ini akan berpotensi menjadi penghambat utama dalam proses Pendidikan anak berkebutuhan khusus yang jumlahnya puluhan. Oleh karen itu pertanyaan penelitiannya adalah  Bagaimana perilaku adaptif anak Autis ditinjau dari guru di SDLB Kota Sorong? Dengan metode kualitatif yang berdasarkan riset lapangan (field research) yaitu penelitian lapangan yang dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya dan menggunak inventory Vineland adaptif behavior scale 3 (VABS3). Adapun subjek dalam penelitian ini diambil 10 dari 18 Peserta didik dengan Klasifikasi Autis di SDLB Kota Sorong 2023-2024. Hasil penelitian menemukan perilaku adaptif anak autis di SDLB Kota Sorong masih rendah (low) dengan menggunakan inventori Vineland Adaptif behavior scale 3,  hasil skor rata-rata dengan jumlah n=10 adalah 64,2 hasil ini berada pada rentan 20 to 70.

Kata kunci: (Perilaku Adaptif, Aanak Autis, Guru)

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Ashari, A. (2024). Perilaku Adaptif Anak Autis Ditinjau dari Guru di SDLB Kota Sorong. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness, 4(1), 87–96. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jipmc/article/view/1302