Pemanfaatan Media Digital sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di SMP Terpadu Baiturrahman Ciparay Kabupaten Bandung

Authors

  • Eni Amilah Ritawati STKIP Pasundan
  • Jajang Hendar Hermawan Pendidikan IPS STKIP Pasundan Cimahi Indonesia
  • Arnie Fajar Pendidikan IPS STKIP Pasundan Cimahi Indonesia

Keywords:

Media Digital, Nasionalisme, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemanfaatan media digital sebagai strategi pembelajaran dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Terpadu Baiturrahman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi terhadap praktik pembelajaran yang telah mengintegrasikan media digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital, seperti aplikasi pembelajaran interaktif, secara signifikan membentuk pemahaman dan sikap nasionalisme peserta didik. Integrasi ini juga mendorong diskusi kritis dan kolaborasi, yang memperkuat rasa kebangsaan dan identitas nasional. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan akses teknologi, kesiapan guru yang masih rendah dalam pemanfaatan media digital, serta hambatan teknis selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, pemanfaatan media digital perlu didukung dengan peningkatan kapasitas guru dan penyediaan infrastruktur yang memadai agar lebih optimal dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Amilah Ritawati, E., Hendar Hermawan, J., & Fajar, A. (2025). Pemanfaatan Media Digital sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di SMP Terpadu Baiturrahman Ciparay Kabupaten Bandung. Jurnal Citizen Education, 7(1), 27–36. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/CITIZEN/article/view/3745