Penguatan Literasi Budaya Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Sikap Kritis dan Kreativitas Sosial Siswa dalam Pembelajaran di SMPN 54 Bandung
Keywords:
Literasi Budaya Kewarganegaraan, Sikap Kritis, Kreativitas Sosial, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini berawal dari fenomena rendahnya kesadaran siswa di SMPN 54 Bandung terhadap keberagaman budaya dan pentingnya literasi kewarganegaraan yang mengakibatkan rendahnya sikap kritis dan kreativitas sosial siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan literasi budaya kewarganegaraan dalam meningkatkan sikap kritis dan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 54 Bandung. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sangat mendukung penguatan literasi budaya kewarganegaraan dengan melaksanakan program-program kegiatan yang bertujuan meningkatkan literasi siswa, begitu juga guru IPS merancang modul ajar yang mengintegrasikan literasi budaya kewarganegaraan dalam materi pelajaran dengan metode pembelajaran yang mendorong siswa agar lebih kritis dan kreatif. Evaluasi berkelanjutan dan umpan balik dari berbagai pihak membantu memastikan program berjalan efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Namun, peneliti juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi diantaranya bagaimana mengatasi ketidakaktifan siswa dalam diskusi dan menyampaikan ide sehingga memerlukan strategi yang lebih kreatif dan menarik dalam pembelajaran yang inklusif.