Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Abad 21 Siswa Di SMP PGRI Cililin Bandung Barat
Keywords:
Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Abad 21Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan abad 21 di kalangan siswa. Hal tersebut menjadi bahan pemikiran warga sekolah SMP PGRI Cililin Kabupaten Bandung Barat Untuk mensikapi kondisi tersebut Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1). Seberapa besar korelasi antara model pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan abad 21 siswa di SMP PGRI Cililin Kabupaten Bandung Barat;2). Seberapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada mata Pelajaran IPS terhadap keterampilan abad 21 Siswa di SMP PGRI Cililin Kabupaten Bandung Barat; 3). Seberapa besar koefisien determinasi pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan abad 21 siswa di SMP PGRI Cililin Kabupaten Bandung Barat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dalam mata pelajaran IPS terhadap keterampilan abad 21 siswa di SMP PGRI Cililin Kabupaten Bandung Barat Diajukan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan diperkuat dengan observasi dan wawancara. Teknik pengambilan sampel adalah dengan random sampling. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada hubungan model pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan abad 21 siswa di SMP PGRI Cililin Kabupaten Bandung Barat?;2). Seberapa pada mata pelajaran IPS terhadap keterampilan abad 21 siswa di SMP PGRI Cililin Kabupaten Bandung Barat, karena hasil t hitung4,960 > t tabel 1,664. 2).Ada pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan, karena F hitung 24,597 > F tabel 3,11. 3) Nilai koefisien determinasi sebesar 45,10% dan sisanya 54,90% ditentukan oleh variabel lain di luar penelitian ini.