Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Sikap Kepemimpinan Siswa Di SMPN 3 Rongga Bandung Barat

Authors

  • Darwin darwin STKIP Pasundan
  • Lili Halimah Pendidikan IPS STKIP Pasundan Cimahi Indonesia
  • Jajang Hendar Hermawan Pendidikan IPS STKIP Pasundan Cimahi Indonesia

Keywords:

Model Pembelajaran, Role Playing, Sikap Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sikap kepemimpinan di kalangan siswa. Hal tersebut menjadi bahan pemikiran warga sekolah SMPN 3 Rongga Kabupaten Bandung Barat Untuk mensikapi kondisi tersebut Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana sikap kepemimpinan siswa di SMPN 3 Rongga Kabupaten Bandung Barat; 2). Seberapa besar pengaruh model pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPS  terhadap sikap kepemimpinan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing IPS  terhadap sikap kepemimpinan siswa di SMPN 3 Rongga Kabupaten Bandung Barat Diajukan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan diperkuat dengan observasi dan wawancara. Teknik pengambilan sampel adalah dengan random sampling. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada hubungan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPS  terhadap sikap kepemimpinan siswa di SMPN 3 Rongga Kabupaten Bandung Barat, karena hasil t hitung4,960 > t tabel 1,664. 2).Ada pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan, karena F hitung 24,597 > F tabel 3,11. 3) Nilai koefisien determinasi sebesar 45,10% dan sisanya 54,90% ditentukan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

darwin, D., Halimah, L., & Hendar Hermawan, J. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Sikap Kepemimpinan Siswa Di SMPN 3 Rongga Bandung Barat. Jurnal Citizen Education, 7(1), 1–7. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/CITIZEN/article/view/3742