PENERAPAN METODE SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B DI TK KASIH KARUNIA PAPUA KOTA SORONG

Authors

  • Adelia W Mambrasar Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Rokhima Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anggita Maharani Rambe Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Metode Simulasi, Penanggulangan Bencana Alam

Abstract

Objek penelitian ini adalah masalah yang diteliti yaitu penggunaan metode simulasi dalam penanggulangan bencana alam banjir untuk perkembangan kognitif anak kelompok B TK Kasih Karunia Papua Kota Sorong. Berdasarkan hasil penelitian dalam penggunaan metode simulasi dalam penanggulangan bencana alam banjir untuk perkembangan kognitif anak kelompok B TK Kasih Karunia Papua Kota Sorong dilaksanakan diantaranya meliputi: Persipakan 1) Guru mempersiapkan topik, 2) Guru juga menentukan alokasi waktu pelaksanaan simulasi, 3) Guru memberikan gambaran masalah dalam situasi yang akan di simulasikan, 4) Guru memimpin dan pengaturan ruangan materi baik bentuk gambar dan video.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa metode simulasi dapat dijadikan metode alternative bagi guru untuk penanggulangan bencana alam banjir untuk perkembangan kognitif anak.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Mambrasar, A. W., Rokhima, N., & Rambe, A. M. (2025). PENERAPAN METODE SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B DI TK KASIH KARUNIA PAPUA KOTA SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 4(1), 23–29. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1632