MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TK YAPIS FAKFAK
Keywords:
Keaksaraan Awal, Kartu Huruf, Metode BermainAbstract
Keaksaraan awal saat ini masih menjadi hal yang serius untuk diperhatikan. Rendahnya peningkatan kemampuan keaksaraan kelompok B2 TK YAPIS Fakfak menjadi bukti akan hal ini. Hasil observasi sebelum penelitian menunjukkan banyak siswa yang masih rendah bahkan belum mengetahui keaksaraan awal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang kurang menstimulasi perkembangan keaksaraan anak. Kegiatan pembelajaran pengenalan keaksaraan awal di kelompok B yang dilakukan oleh guru lebih difokuskan dengan kegiatan menebalkan tulisan huruf dan menulis huruf di papan dengan menggunakan spidol secara bergiliran dan mengucapkannya dengan serius, sehingga proses pembelajaran terkesan membebani anak dan kurang menarik, sehingga pemahaman terhadap huruf lebih bersifat menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B2 TK YAPIS Fakfak. Metode yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Penelitian ini terdapat 4 tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Satu siklus dilaksanakan selama 2 hari dengan subjek seluruh siswa kelompok B2 yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian pada siklus I lebih banyak siswa belum berkembang sesuai harapan dari pada yang berkembang. Sedangkan pada siklus II proses pembelajarannya dimodifikasi dengan menambahkan metode bermain sehingga sebagian besar siswa dapat berkembang dengan sangat baik dibandingkan pada siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf dengan metode bermain dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal.