DESKRIPSI PENGENALAN BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ‘AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL 6 AIMAS KABUPATEN SORONG

Authors

  • Purwanti Purwanti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nursalim Nursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Bentuk Geometri, Permainan Puzzle

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengenalan bentuk geometri melalui permainan puzzle pada anak kelompok A di TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Aimas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 15 anak yang terdiri 6 laki-laki dan 9 perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan puzzle. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menyebut bentuk geometri sebanyak 11 anak berkembang sangat baik (BSB). Kemampuan anak dalam mengelompokkan geometri berdasarkan bentuk, ukuran dan warna sebanyak 11 anak juga berkembang sangat baik (BSB). Terdapat 4 anak yang menyebut bentuk geometri sudah berkembang sesuai harapan (BSH). Dan 4 anak yang mengelompokkan bentuk geometri berdasarkan ukuran juga telah mampu mencapai hasil yang sesuai harapan (BSH). Dan terdapat 1 anak yang mengelompokkan bentuk geometri berdasarkan bentuk sudah berkembang sesuai harapan (BSH). Kesimpulan bahwa pengenalan bentuk geometri melalui permainan puzzle pada anak kelompok A Di TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Aimas berkembang sangat baik, dilihat dari kemampuan anak dalam menyebut dan mengelompokkan berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna telah berhasil.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Purwanti, P., Marjuk, Y., & Nursalim, N. (2025). DESKRIPSI PENGENALAN BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ‘AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL 6 AIMAS KABUPATEN SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 4(1), 50–58. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1616