PENANAMAN KARAKTER JUJUR MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK OIKUMENE KABUPATEN SORONG

Authors

  • Damaris Warijo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anggita Maharani Rambe Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Karakter Jujur, Metode Bercerita

Abstract

Hasil penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan tehnik pendekatan trianggulasi (gabungan). Desain penelitian ini yaitu mendeskripsikan segala bentuk indikasi yang dialami selama penelitian dilakukan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam membangaun karakter jujur pada anak terlihat karena guru memberikan ruang kepada anak untuk bermain bersama di sekolah tanpa menbeda-bedakan. Dari hasil wawancara informan menberi informasi bahwa sebagai seorang guru yang secara langsung memberikan pengajaran kepada anak dengan memberikan contoh atau keteladanan. Penelitian melalui lembar observasi, ditemukan hasil bahwa  dari 15 jumlah anak terdapat 11 anak dengan indikator Berkembang sangat baik (BSB) sedangkan 3 orang anak pada indikator berkembang sesuai harapan (BSH) dan terdapat 1 orang anak pada indikator mulai berkembang atau (MB), menurut pengamatan peneliti bahwa 1 orang anak yang ada pada kategori mulai berkembang karena di pengaruhi oleh faktor lain dan yang paling dominan adalah faktor keluarga, sehingga anak tersebut masih pada indikator mulai berkembang. Dengan demikian aspek penanaman karakter jujur melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Oikumene Sorong, berkembang dengan baik

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Warijo, D., Marjuk, Y., & Rambe, A. M. (2025). PENANAMAN KARAKTER JUJUR MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK OIKUMENE KABUPATEN SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 4(1), 30–40. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1604