DESKRIPSI KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK KHARISMA KANAAN KOTA SORONG

Authors

  • Lowice Yesnath Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Rokhima Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anggita Maharani Rambe Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Kemampuan Sosial, Bermain Peran

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, Berdasarkan deskripsi serta hasil wawancara peneliti dengan para guru terhadap perkembangan sosial anak pada kelompok A di TK  Kharisma. Data peneliti ungkapkan bahwa peran guru sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak, yaitu guru dapat menjadi model sosial yang baik bagi anak-anak. Dengan menunjukkan perilaku yang positif, menghargai keragaman, dan mempraktikkan keterampilan sosial yang baik, guru dapat memberikan contoh yang baik bagi anak-anak untuk meniru dan belajar dari mereka, tetapi sikap guru yang terkadang kurang memperhatikan perkembangan sosial anak. Guru membibing dan mengarahkan anak agar kemampuan social anak dapat berkembang seperti. Mengembangkan empati, Membangun keterampilan komunikasi, Menyelesaikan konflik dan Menyediakan dukungan emosional

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Yesnath, L., Rokhima, N., & Rambe, A. M. (2025). DESKRIPSI KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK KHARISMA KANAAN KOTA SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 4(1). Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1585