DESKRIPSI KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK KHARISMA KANAAN KOTA SORONG
Keywords:
Kemampuan Sosial, Bermain PeranAbstract
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, Berdasarkan deskripsi serta hasil wawancara peneliti dengan para guru terhadap perkembangan sosial anak pada kelompok A di TK Kharisma. Data peneliti ungkapkan bahwa peran guru sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak, yaitu guru dapat menjadi model sosial yang baik bagi anak-anak. Dengan menunjukkan perilaku yang positif, menghargai keragaman, dan mempraktikkan keterampilan sosial yang baik, guru dapat memberikan contoh yang baik bagi anak-anak untuk meniru dan belajar dari mereka, tetapi sikap guru yang terkadang kurang memperhatikan perkembangan sosial anak. Guru membibing dan mengarahkan anak agar kemampuan social anak dapat berkembang seperti. Mengembangkan empati, Membangun keterampilan komunikasi, Menyelesaikan konflik dan Menyediakan dukungan emosional