MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK YPK PNIEL MALAWELE KABUPATEN SORONG

Authors

  • Agrice Inam Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mersi Axelina Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Siti Hardianti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Kemampuan Bahasa, Metode Bernyanyi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian classroom action reseach atau penelitian tindakan kelas (PTK) karena peneliti bertindak secara langsung mulai dari awal sampai akhir tindakan. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) pada Pratindakan, Siklus I petemuan I dan II, maupun siklus II pertemuan I dan II serta analisis yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dapat ditarik kesimpulan. kemampuan berbicara anak melalui metode yang diajarkan kepada anak yaitu dengan metode bernyanyi, maka ditemukan nilai yang sangat bervariasi mulai dari pra tindakan nilai 40% hal ini yang menjadi bahan perbaikan dari siklus I dan telah memperoleh nilai 75%,  karena nilai ini masih belum sesuai yang diharapkan dan dilanjutkan pada siklus II dan telah mencapai nilai 95%. Pada aspek kemampuan peran guru atau peneliti dalam pengelolaan kelas sudah sangat baik, ini terlihat dari perolehan hasil yang sudah sangat baik, dan nilai yang diperoleh sebagai upaya meningkatkan peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bernyanyi pada anak Kelompok B di TK YPK PNIEL Malawele Kabupaten Sorong sudah berkembang sangat baik (BSB).

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Inam, A., Axelina, M., & Hardianti, S. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK YPK PNIEL MALAWELE KABUPATEN SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 3(1), 1–9. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1569

Issue

Section

Articles