DESKRIPSI MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLINPADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SORONG
Keywords:
Nilai Karakter, DisiplinAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan deeskripsi kualitatif dengan memakai metode studi kasus, penelitia Kualitatif, peneliti dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 anak bahwa pada anak-anak tersebut kecenderungannya dalam indikator selalu datang tepat waktu terlihat 1 anak mulai berkembang (MB), 8 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 6 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator dapat memperkirakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu terlihat 10 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 5 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator mengikuti aturan terlihat 4 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 11 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator bersabar menunggu giliran terlihat 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 12 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator menyadari bahwa ia melangar aturan terlihat 5 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 10 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator mengembalkan benda pada tempatnya terlihat 7 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 8 anak berkembang sangat baik (BSB). Hal ini membuktikan bahwa guru sudah mampu menanamkan nilai karakter disiplin secara optimal