AKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE ANGKA DALAM MENGENALKAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SORONG
Keywords:
Puzzle Angka, Lambang BilanganAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas penggunaan medi,a Puzzle angka dalam mengenalkan bilangan pada anak kelas B di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pengamatan, wawancara dan telaah dokumen untuk menarik sebuah kesimpulan dari hasil yang sudah diperoleh. Hasil penelitian observasi dan wawancara tentang aktivitas penggunaan media puzzle angka dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak kelas B di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong. Dari hasil wawancara ditemukan bahwa dalam belajar pengenalan bentuk-bentuk bilangan guru hanya mengacu pada lembar kerja anak (LKA) sehingga anak kurang berkembang dalam mengenal bentuk bilangan.Hasil penialian lembar observasi ditemukan bahwa.Dari jumlah 15 anak yang mengikuti aktivitas belajar selama penelitian peneliti menekuna hasil yang berbeda dari sebemnya yaitu 13 anak pada kategori berkembang sangat baik (BSB) dan 2 orang anak dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) perkembangan 2 orang anak ini menurut peneliti karena dipengaruhi oleh faktor lain seperti anak terkadang kurang fokus dan masih sering bermain dan menganggu temannya saat belajar. Dengan demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti melalui pembelajaran dan lembar penilaian observasi pada aktivitas penggunaan media puzzleangka dalam mengenalkan bilangan pada anak di kelas B TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong mendapatkan hasil yang baik.