DESKRIPSI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B TK YPK PNIEL MALAWELE KABUPATEN SORONG

Authors

  • Delila Itamar Moom Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ahmad Yulianto Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Finger Painting, Motorik Halus

Abstract

Finger painting berasal dari bahasa inggris, finger artinya jari sedangkan painting artinya melukis jadi finger painting adalah melukis menggunakan jari. Finger painting adalah kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan mengoleskan adonan cat warna (bubur warna), yang secara langsung anak melukis dengan menggunakan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kemampuan motorik halus melalui kegiatan finger painting bahan alam pada anak kelompok B di TK YPK Pniel Malawele Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di TK YPK Pniel Malawele, dalam mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan Finger painting bahan alam pada anak kelompok B di TK YPK Pniel Malawele, menunjukkan bahwa dari 10 anak, terdapat 6 anak pada kategori berkembangan sangat baik dan 4 orang anak pada kategori mulai berkembang motorik halusnya karena kurangnya bimbingan dan perhatian dari guru serta kehadiran dalam aktivitas belajarnya rendah. Maka dapat peneliti simpulkan bahwa melalui kegiatan Finger Painting bahan alam dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di TK YPK Pniel Malawele sangat baik.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Moom, D. I., Marjuk, Y., & Yulianto, A. (2024). DESKRIPSI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B TK YPK PNIEL MALAWELE KABUPATEN SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 2(2), 1–10. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1562

Issue

Section

Articles