UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YPK ST THERESIA KOTA SORONG

Authors

  • Ferenika Tesalonika Lasut Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Imam Mahdi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

: Rasa Percaya Diri, Metode Bermain Peran

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah agar dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan latihan permainan peran pada anak usia 5-6 tahun di TK YPK ST. THERESIA KOTA SORONG. Penelitian ini menggunakaan penelitian berjenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan memakai metode bermain peran yang turut melibatkan anak selama berlangsungnya pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B3 dengan rentan usia 5-6 tahun. Lembar observasi (checklist) digunakan untuk pengumpulan data. Berdasarkan temuan penelitian ini, terbukti bahwa rasa percaya diri anak dapat ditingkatkan melalui permainan peran. Dari segi pengalaman yang semakin meningkat dalam menggunakan latihan bermain peran, secara keseluruhan berjalan dengan baik, khususnya pada keasyikan anak dalam berperan sebagai pedagang sate atau koki, secara umum sangat baik. Hasil dari setiap siklus terus meningkat sedikit demi sedikit, hal ini terlihat dari persepsi yang dihasilkan pada pra siklus 40%, dan diperluas pada  pertemuan pertama menjadi 68%, berkembang  lagi pada pertemuan kedua menjadi 74,5 %. Pada siklus II hari pertama  percaya diri anak mengalami peningingkatan lagi menjadi 82%, dan di hari selanjutnya meningkat lagi menjadi 90% dan sudah memenuhi pecapaian sebuah keberhasilan.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Lasut, F. T., Marjuk, Y., & Mahdi, N. I. (2023). UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YPK ST THERESIA KOTA SORONG. BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo), 2(1), 13–21. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/BEJo/article/view/1556

Issue

Section

Articles